Kamis, 02 Oktober 2014

Perilaku Konsumen 1



Nama              : Vica Haristantia
NPM               : 17212568
Kelas               : 3EA25


PERILAKU KONSUMEN

1.      Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
-          Perilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasiaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keiinginan.
-          Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
-          Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement)proses pengambilan keputusan dilakukan dengan  mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involment) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Menurut para ahli :
-          David L. Loudon & Albert J. Della Bitta mendefinisikan perilaku konsumen sebagai proses pengambilan keputusan  dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam  proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan  barang-barang dan jasa.
-          James F. Engel, Et.al mendefinisikan perilaku konsumen sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat  dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.
-          Gerald Zaltman  Melanie Wallendorf mendefinisikan perilaku konsumen sebagai tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya.

2.      Pemikiran yang benar tentang konsumen ?
-          Konsumen adalah raja , kewajiban produsen untuk  memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur pada kemasan barang atau jasa yang diperdagangkan haruslah diimbangi oleh tanggung jawab konsumen dalam membaca dengan teliti kebenaran label dan iklan tersebut. Konsumen akan terpuaskan apabila manfaat atau kegunaan yang didapatkan sebanding bahkan lebih tinggi dari pengorbanan berupa harga yang dibayarkan kepada produsen. Terlebih bagi peruasahaan yang bergerak dibidang jasa khususnya jasa pendistribusian bahan pokok dimana kepuasan konsumen harus tetap senantiasa terjaga. Perbaikan dan peningkatan terhadap layanan jasa yang sudah ada dapat dilakukan dengan memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan.

3.      Mencari penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis ?
Sifat dari perilaku konsumen :
-          Consumer Behavior Is Dynamic adalah perilaku konsumen dikatakan dinamis karena proses berfikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen, kelompok, konsumen, dan perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat menantang . suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan pada tempat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi untuk meraih konsumennya.
-          Consumer Behavior Involves Interaction adalah perilaku konsumen berinteraksi antara pemikiran, perasaan, dan  tindakan manusia serta lingkungan. Semakin dalam suatu perusahan memahami bagaimana interaksi tersebut mempengaruhi konsumen semakin baik perusahaan tersebut dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
-          Consumer Behavior Involves Exchange adalah perilaku konsumen yang melibatkan pertukaran antara manusiadalam kata lain seseorang meberikan sesuatu untuk orang lain dan menerima sesuatu sebagai gantinya.

http://www.slideshare.net/yayu_md/perilaku-konsumen-tugas-1-14945515