Nama : Vica Haristantia
NPM : 17212568
Kelas : 3EA25
PERILAKU KONSUMEN
PERILAKU KONSUMEN
1. Apa
yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
-
Perilaku konsumen adalah proses dan
aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,
penggunaan, serta pengevaluasiaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan
keiinginan.
-
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang
mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
-
Untuk barang berharga jual rendah
(low-involvement)proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual
tinggi (high-involment) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
pertimbangan yang matang.
Menurut
para ahli :
-
David
L. Loudon & Albert J. Della Bitta mendefinisikan perilaku konsumen sebagai proses
pengambilan keputusan dan aktivitas
individu secara fisik yang dilibatkan dalam
proses mengevaluasi, memperoleh,
menggunakan atau dapat mempergunakan
barang-barang dan jasa.
-
James F. Engel, Et.al mendefinisikan perilaku
konsumen sebagai tindakan-tindakan
individu yang secara langsung terlibat
dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis
termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan
tindakan-tindakan tersebut.
-
Gerald Zaltman
Melanie Wallendorf mendefinisikan perilaku konsumen sebagai tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang
dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan
suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan
produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya.
2.
Pemikiran yang
benar tentang konsumen ?
-
Konsumen
adalah raja , kewajiban produsen untuk
memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur pada kemasan barang
atau jasa yang diperdagangkan haruslah diimbangi oleh tanggung jawab konsumen
dalam membaca dengan teliti kebenaran label dan iklan tersebut. Konsumen akan
terpuaskan apabila manfaat atau kegunaan yang didapatkan sebanding bahkan lebih
tinggi dari pengorbanan berupa harga yang dibayarkan kepada produsen. Terlebih
bagi peruasahaan yang bergerak dibidang jasa khususnya jasa pendistribusian
bahan pokok dimana kepuasan konsumen harus tetap senantiasa terjaga. Perbaikan
dan peningkatan terhadap layanan jasa yang sudah ada dapat dilakukan dengan
memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan.
3.
Mencari penelitian
konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis ?
Sifat dari perilaku konsumen :
-
Consumer Behavior
Is Dynamic adalah perilaku konsumen dikatakan dinamis karena proses berfikir,
merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen, kelompok, konsumen, dan
perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis
menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat menantang . suatu
strategi dapat berhasil pada suatu saat dan pada tempat tertentu tapi gagal
pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa
melakukan inovasi-inovasi untuk meraih konsumennya.
-
Consumer
Behavior Involves Interaction adalah perilaku konsumen berinteraksi antara
pemikiran, perasaan, dan tindakan
manusia serta lingkungan. Semakin dalam suatu perusahan memahami bagaimana
interaksi tersebut mempengaruhi konsumen semakin baik perusahaan tersebut dalam
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
-
Consumer
Behavior Involves Exchange adalah perilaku konsumen yang melibatkan pertukaran
antara manusiadalam kata lain seseorang meberikan sesuatu untuk orang lain dan
menerima sesuatu sebagai gantinya.
http://www.slideshare.net/yayu_md/perilaku-konsumen-tugas-1-14945515