Selasa, 11 Desember 2012

LINGKUNGAN PEMASARAN GIANT




LINGKUNGAN PEMASARAN
Lingkungan pemasaran Adalah pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi
kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.

Salah satu perusahaan retail besar yaitu Giant Hypermarket Gajayana  menerapkan beberapa strategi dalam  melakukan pemasaran barang-barangnya  kepada konsumen. Strategi bauran pemasaran menjadi salah satu strategi penting yang dilakukan oleh Giant Hypermarket Gajayana. Bauran pemasaran yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi) menjadi perhatian penting di Giant Hypermarket Gajayana. Product adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Price adalah kegiatan menentukan besarnya harga. Place adalah kegiatan mendistribusikan produk ke tempat konsumen. Promotion adalah keegiatan mempromosikan produk agar dikenal oleh konsumen.

Giant Hypermarket Gajayana menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini tentunya juga tidak lepas dari beberapa faktor pendukung yang  terlibat di dalam menjalankan operasional perusahaan. Faktor-faktor pendukung tersebut antara lain adalah
(1) Luas toko memungkinkan bagi Giant Hypermarket Gajayana untuk melakukan pengadaan produk atau penjualan berbagai macam produk,
(2) Banyaknya perusahaan pesaing memungkinkan Giant Hypermarket Gajayana untuk menentukan strategi harga yang signifikan dengan perusahaan-perusahaan lain,
(3) Nama besar Giant Hypermarket memudahkan prusahaan ini untuk mendapatkan dan memperluas saluran distribusi,
(4) Adanya modal yang tersedia tidak menghalangi perusahaan ini untuk mengadakan promosi.
Selain beberapa faktor pendukung, tentunya juga terdapat beberapa faktor penghambat yang dihadapi oleh Giant Hypermarket Gajayana, antara lain adalah
(1) Tingkat penjualan beberapa produk yang terkadang menurun mengakibatkan sering terjadi penumpukan barang di gudang,
(2) Banyaknya pesaing sering berpengaruh terhadap perubahan strategi harga,
(3) Sering terjadinya keterlambatan pengiriman barang dari distributor,
(4) Situasi pasar yang berubah-ubah menuntut pihak Giant Hypermarket Hajayana untuk sering melakukan promosi di luar perencanaan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar