LINGKUNGAN PEMASARAN
Lingkungan pemasaran Adalah
pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi
kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.
Salah satu perusahaan retail besar yaitu Giant
Hypermarket Gajayana menerapkan beberapa
strategi dalam melakukan pemasaran
barang-barangnya kepada konsumen. Strategi bauran pemasaran
menjadi salah satu strategi penting yang dilakukan oleh Giant
Hypermarket Gajayana. Bauran pemasaran yang terdiri
dari product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi)
menjadi perhatian penting di Giant Hypermarket
Gajayana. Product adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan konsumen. Price adalah kegiatan menentukan besarnya
harga. Place adalah kegiatan mendistribusikan produk ke tempat konsumen.
Promotion adalah keegiatan mempromosikan produk agar dikenal oleh konsumen.
Giant Hypermarket Gajayana menjadi perusahaan besar
seperti sekarang ini tentunya juga tidak lepas dari beberapa faktor pendukung
yang terlibat di dalam menjalankan operasional perusahaan. Faktor-faktor
pendukung tersebut antara lain adalah
(1) Luas toko memungkinkan bagi Giant Hypermarket Gajayana untuk melakukan pengadaan produk
atau penjualan berbagai macam produk,
(2) Banyaknya perusahaan pesaing
memungkinkan Giant Hypermarket Gajayana untuk
menentukan strategi harga yang signifikan dengan perusahaan-perusahaan lain,
(3) Nama besar Giant
Hypermarket memudahkan prusahaan ini untuk mendapatkan dan memperluas saluran
distribusi,
(4) Adanya modal yang tersedia tidak
menghalangi perusahaan ini untuk mengadakan promosi.
Selain beberapa faktor pendukung,
tentunya juga terdapat beberapa faktor penghambat yang dihadapi oleh Giant Hypermarket Gajayana, antara lain adalah
(1) Tingkat penjualan beberapa produk
yang terkadang menurun mengakibatkan sering terjadi penumpukan barang di
gudang,
(2) Banyaknya pesaing sering
berpengaruh terhadap perubahan strategi harga,
(3) Sering terjadinya keterlambatan
pengiriman barang dari distributor,
(4) Situasi pasar yang berubah-ubah
menuntut pihak Giant Hypermarket Hajayana untuk sering melakukan
promosi di luar perencanaan sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar